Pendampingan Pengisian e-Filling Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Meeting Room, FIDIKOM Online—Dalam era milineal dimana teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, apapun dapat diakses dengan mudah melalui jaringan internet yang bisa kita akses kapanpun dan dimanapun. Kemajuan teknologi informasi ini juga dimanfaatkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai upaya mempermudah bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (1770, 1770S, 1770SS) maupun SPT Tahunan PPh Badan (1771) dengan mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya pada aplikasi e-Filing di DJP berbasis Online.

 

Berdasar kepada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 181/PMK.03/2007 sebagai dasar hukum tentang bentuk dan isi surat pemberitahuan (SPT) serta tata cara pengambilan, pengisian, penandatanganan, dan penyampaian surat pemberitahuan, e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) atau Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan yang dilakukan secara on-line yang real time melalui Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP), sehingga wajib pajak tidak perlu lagi melakukan pencetakan semua formulir laporan.

 

Dalam rangka membantu merealisasikan program tersebut, Rabu (22/03/2018) Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan sosialisasi dan pendampingan pengisian e-Filling bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan. Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Roudhonah, MA manyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk mempermudah para Dosen dan Tenaga Kependidikan dalam mengisi SPT Online dan agar Wajib Pajak di lingkungan FIDIKOM bisa segera melaporkan pajak tahunan orang pribadi.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang meeting FIDIKOM lantai 2 ini dihadiri oleh Dosen dan Tenaga Kependidikan, turut hadir sebagai pendamping pengisian e-filling ini saudari Sovia Suhari, A.Md dan M. Sidqi Ridho, SE dari Subag Perencanaan dan Akuntansi dan Keuangan FIDIKOM dan saudara Tomi Hardi, M.Kom dan Lia Puspitasari, SE dari Subag Umum. (MNH)