Jurnalistik Resmi jadi Program Studi

 

FIDIKOM Online — Selasa, 10 April 2018 merupakan hari yang bersejarah bagi Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 287/KPT/I/2018 yang diserahkan oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA kepada Dekan FIDIKOM, Dr. Arief Subhan, MA di ruang Rektor. Surat Keputusan ini berisi tentang Izin Pembukaan Program Studi Jurnalistik sebagai Program Sarjana pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

Dalam sambutannya Prof. Dede Rosyada mengucapkan selamat atas terbitnya Izin Program Studi Jurnalistik, dan meminta pihak Fakultas atau Program Studi Jurnalistik untuk segera menyiapkan segala hal terkait pengembangan kelembagaan seperti akreditasi dan lainnya.

Menanggapi keluarnya izin pembukaan Program Studi Jurnalistik tersebut, Dekan FIDIKOM. Dr. Arief Subhan, MA menyampaikan bahwa “Media sekarang ini telah menjadi bagian penting dari gerakan Islam, Prodi Jurnalistik akan menjadi ujung tombak gerakan-gerakan baru Islam di Indonesia”.

Ketua Konsentrasi Jurnalistik, Kholis Ridho, M. Si menyampaikan ucapan syukur atas terbitnya izin tersebut, buah dari kerja keras selama proses pengajuan izin pembukaan Program Studi Jurnalistik yang sudah dimulai sejak Maret 2015 lalu. “Alhamdulillah, sungguh ikhtiar perjuangan yang panjang dan mengasikkan. Terimakasih kepada tim penyusun proposal Program Studi Jurnalistik, para dosen yang bersedia dilibatkan dalam riweuhnya pengajuan Program Studi baru ini. Terima Kasih kepada Bapak Rektor beserta jajarannya, Bapak Dekan FIDIKOM beserta jajaran, dan seluruh mahasiswa yang menjadi bagian dari tim Program Studi Jurnalistik. Hampir putus asa rasanya, tetapi kami percaya hasil tidak akan pernah membohongi proses, alhamdulillah ala kullihal

Saat ini keberadaan Program Studi Jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berada dalam posisi ke-enam dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia yang secara resmi tercatat di PD DIKTI. Semoga Program Studi Jurnalistik FIDKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mampu memberikan kontribusi yang signfikan bagi kemajuan Jurnalisme dan Pers Indonesia”

Sebelumnya, Konsentrasi Jurnalistik berada di bawah Jurusan/Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan komunikasi —kemudian menjadi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi — pada tahun 2004 dengan diterbitkannya SK Dekan tentang pembukaan Konsentrasi Jurnalistik yang ditandatangani oleh Prof. Dr. M. Yunan Yusuf, MA yang kala itu menjabat sebagai Dekan.

Konsentrasi Jurnalistik secara khusus dibuka untuk mewadahi kalangan calon mahasiswa yang berminat menekuni bidang jurnalistik. Perbedaan dengan KPI terletak pada penekanan mata kuliah jurnalistik yang porsinya lebih besar—sekaligus sebagai manifestasi konsep da’wah bi al-qalam.(MNH)