SOSIALISASI DAN PEMBEKALAN PRAKTIKUM PROFESI TERPADU MHU UIN JAKARTA DAN AMPHURI

Teater Room, FIDIKOM Online—Selasa, 06 November 2018, Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan salah satu asosiasi penyelenggara haji dan umrah terbesar yaitu Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan Praktikum Profesi Terpadu yang diselenggarakan di Teather lt.2 Prof. Aqib Suminto Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sosialisai dan Pembekalan Praktikum Profesi Terpadu bertujuan untuk menyampaikan urgensinya mengelola penyelenggaraan ibadah haji dan umrah serta memberikan pemaparan akan petunjuk teknis dan petunjuk lapangan dalam melaksanakan Praktikum Profesi Terpadu diseluruh Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi yaitu bapak Dr. Suhaimi M.Si., Wakil Dekan II Bidang Administrasi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, yaitu Ibu Dr. Roudhonah,M.Ag., turut hadir juga Ketua Jurusan Program Studi Manajemen Dakwah beserta Sekprodi yaitu Drs. Cecep Castrawijaya, M.Si., dan Bapak Drs. Sugiharto, M.A., serta Ibu Hj. Mastanah, M.Si dan Bapak Drs. H. Ahmad Kartono, M.Si selaku Dosen Pengampu Konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah. Serta Narasumber yaitu Bapak H. Muhammad  Farid Aljawi, S.E.

Pada kesempatan ini, Muhammad Farid yang juga perwakilan dari AMPHURI menyampaikan bahwa para mahasiswa Jurusan MD yang berkonsentrasi di Manajemen Haji dan Umrah memiliki peluang besar untuk berkhidmat di pemerintahan pada:

  1. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah
    1. Direktorat Pelayanan Dalam Negeri
    2. Direktorat Pelayanan Luar Negeri
    3. Direktorat Pembinaan Haji
    4. Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus
    5. Direktorat Pengelolaan Dana Haji
  2. Badan Pengelolaan Keuangan Haji
  3. Komisi Pengawasan Haji Indonesia
  4. 34 Kanwil (Kantor Wilayah) Kementerian Agama di Tingkat Provinsi Seluruh Indonesia, dan
  5. 514 Kantor Kementerian Agama Kabupaten / Kota di seluruh Indonesia yang terdapat Seksi PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umrah).

Serta dapat berkhidmat  di Swasta pada:

  1. 236 PIHK (Penyelenggara ibadah Haji Khusus),
  2. 991 PPIU (Penyelenggaraan Ibadah Umrah),
  3. 800 KBIH (Kelompok Bimbingan Haji), dan
  4. Ribuan travek haji dan umroh yang belum berizin.

Begitu banyak peluang bagi para mahasiswa lulusan Prodi MD untuk berkhidmat dalam dunia Haji dan Umrah, pada agenda Sosialisasi dan Pembekelaan Praktikum Profesi Terpadu ini, AMPHURI bersedia membantu menugaskan para mahasiswa Prodi MD yang berjumlah 49 orang untuk di tempatkan ke DPP AMPHURI, DPD di Seluruh Indonesia serta travel-travel yang berada dibawah naungan AMPHURI.