Opak Harus Mengandung Nilai Edukatif, Humanis, dan Religius

Pendaftaran OPAK taman

Pendaftaran OPAK

 

OSPEK yang lebih dikenal UIN Jakarta dengan Orientasi Pengenalan Akademik (Opak) adalah orientasi dan pengenalan lingkungan kampus. Di Opak inilah, kesempatan bagi senior untuk mengenalkan dengan bangga Universitasnya, dan memperkenalkan dengan hangat, serta dengan kegiatan yang bermanfaat. Tahun ini, Badan Pengawas Opak (Bawaspak) UIN Jakarta membuat peraturan baru, yaitu tidak ada atribut yang sifatnya merepotkan mahasiswa baru (maba). Selain itu, semua kegiatan harus mengandung nilai edukatif dan religius. Hal ini demi terselenggaranya Opak yang kondusif dan sesuai yang telah diagendakan. Fungsi Opak sendiri sebagai orientasi, komunikatif, normatif, dan akademis. Jadi, tidak ada istilah kekerasan ataupun hal yang merepotkan maba.

Ketua International Office UIN Jakarta, Rachmat Baikhaki, mengatakan, Opak merupakan kegiatan untuk memperkenalkan maba. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang menjadi tanggung jawab Universitas, untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaanya melibatkan unsur pimpinan Universitas, Fakultas, dan mahasiswa. Rachmat menambahkan, UIN Jakarta akan menuju World Class University, oleh karena itu, sebaiknya melihat bagaimana masa orientasi untuk mahasiswa baru di luar Negeri.

Wakil Presiden Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (DEMA-U), Dedi Eka Setiawan, mengatakan, pada dasarnya Opak harus bersifat edukatif dan religius, sebagai gerbang awal masuk ke Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, sesuai hasil rapat, atribut tidak dibenarkan yang sekiranya merepotkan maba, diharapkan bisa diterima oleh semua pihak. Kerjasama semua pihak juga sangat diharapkan, demi terselenggranya Opak.

Panitia Bawaspak, Ihsan Baik Siregar, mengatakan, untuk maba, jangan sampai takut dengan OSPEK atau OPAK,karena pasti seru dan tidak ada kekerasan. Jika ada senior atau panitia menyeleweng, bisa dilaporkan kepada bagian Bawaspak, bahkan Rektorat, karena Bawaspak siap memantau OPAK tahun ini.

Reporter: Nabila Puspa Asriyani

 

http://newsroomrdk.blogspot.com/2015/08/opak-harus-mengandung-nilai-edukatif.html