“Evaluasi Kinerja Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Tahun 2017”

Meeting Room, FIDIKOM Online—Rabu, 21 Februari 2018, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) menyelenggarakan Rapat Dalam Kantor (RDK) Evaluasi Kinerja Pegawai Tahun 2017 yang diselenggarakan di ruang meeting lantai 2 FIDIKOM. Acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai struktural, seluruh staf tenaga kependidikan, dan juga turut menghadirkan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Drs. H. Subarja, M.Pd dan Sekretaris Satuan Pemeriksa Intern (SPI) Ady Cahyadi.

Meggison (Mangkunegara, 2005:9) mendefinisikan evaluasi/penilaian kinerja adalah suatu proses yang digunakan pimpinan untuk menentukan apakah seorang karyawan melakukan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Sejalan dengan pengertian tersebut, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Hj. Roudhonah MA memaparkan tujuan dari diselenggarakannya Evaluasi Kinerja Pegawai Tahun 2017, antara lain guna memberikan wawasan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi pegawai, serta pegawai dapat lebih memahami tugas individu dan kelompok agar berdampak positif terhadap peningkatan kinerja.

Dekan FIDIKOM, Dr. Arief Subhan, MA dalam sambutannya mengatakan, “RDK Evaluasi kinerja ini sengaja diselenggarakan lebih awal dengan harapan kita bisa meningkatkan kinerja kita bersama di tahun anggaran 2018, yang tentu saja berujung pada peningkatan mutu layanan kepada semua stakeholder terutama mahasiswa”.

Secara umum, dilihat dari capaian Kontrak Kerja Indikator Kinerja Utama (IKU) Tahun 2017, capaian kinerja FIDIKOM bisa dikatakan sangat baik, terlihat dari capaian IKU sebesar 103% atau 3% melampaui target yang ditetapkan.

Arief Subhan menambahkan bahwa peningkatan kinerja sangat bergantung pada tingkat apresiasi di tempat kerja itu sendiri. Apresiasi tersebut dapat dibagi dalam tiga bentuk, yaitu financial appreciation (remunerasi), human appreciation (penghargaan dalam bentuk gift dan lain sebagainya), dan careers appreciation (apresiasi dalam bentuk jenjang karir). (MNH)