“Penguatan Kualitas Kelembagaan dan Tata Kelola” Raker Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syaraif Hidayatullah Jakarta

 

Yogyakarta, FIDIKOM Online__ Untuk meningkatkan kualitas akademik dan layanan Fakultas, pada tanggal 29-30 Januari 2018 bertempat di Ball Room Hotel LPP Yogyakarta, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) melaksanakan Rapat Kerja dengan tema “Penguatan Kualitas Kelembagaan dan Tata Kelola. Kegiatan raker ini diikuti oleh seluruh pegawai struktural, staf tenaga kependidikan, dan staf kebersihan serta keamanan. Dalam acara tersebut, Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, MA selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi narasumber acara raker. Dalam kesempatan tersebut, Waryono berbagi pengalaman bagaimana UIN Sunan Kalijaga melaksanakan tatakelola kelembagaan. Kualitas Lembaga harus dilihat secara komprehensif, bukan parsial. Semua unit dan komponen dalam perguruan tinggi menjadi bagian penting dalam memajukan dan meningkatkan mutu sebuah perguruan tinggi. Waryono juga menambahkan bahwa unit program studi bisa saja mengembangkan sebuah unit usaha berbasis prodi yang berimbas pada kontekstualisasi keilmuan prodi dengan kebutuhan masyarakat di samping juga menjadi sumber pendanaan tambahan bagi pengembangan prodi dan fakultas.

Dekan FIDIKOM, Dr. Arief Subhan, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa raker ini merupakan kelanjutan dari RDK persiapan raker yang sudah dilaksanakan sebelumnya dengan menghadirklan kepala SPI sebagai narasumber. Dekan juga menambahkan bahwa raker kali ini dimaksudkan untuk menyepakati beberapa kegiatan yang menunjang pencapaian IKU (Indeks Kinerja Utama) Fakultas. Selanjutnya berkaitan dengan tema, memang sengaja dipilih untuk mendukung transformasi program rektor UIN Jakarta, yaitu Transforming Into a World Class University di mana UIN Jakarta berupaya untuk masuk dalam QS ranking melalui penyusunan SAR (Quality Survey Self Assessment Report).  QS ranking adalah sebuah upaya Lembaga pemeringkat universitas tingkat dunia untuk mendata universitas-universitas terbaik dunia. UIN Jakarta saat ini berproyeksi untuk  bertengger dalam 500 Perguruan Tinggi Dunia terbaik.

Dalam materinya, Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, MA menyampaikan ada beberapa point penting yang dapat menunjang tema ”Penguatan Kualitas Kelembagaan dan Tata Kelola” dari raker ini yaitu :

  1. Kekuatan financial, BUMP (Badan Usaha Milik Prodi) untuk mengatasi birokrasi yang lambat dari sisi financial agar segala kegiatan / program berjalan dengan lancar.
  2. Komitmen untuk membesarkan lembaga
  3. Transparansi, mengedepankan akuntabilitas.
  4. Pembagian kerja secara merata untuk penguatan kualitas kelembagaan dan tata kelola
  5. Selalu memperluas jaringan yang relevan dengan fakultas. (SRK)