Bersama Hati Membangun Negeri

 

FIDIKOM Online __ Bakti Sosial 2018 atau yang dikenal dengan sebutan Baksos merupakan salah satu program kerja dari Departemen Dakwah dan Pengabdian Masyarakat DEMA FIDIKOM, dan merupakan kegiatan rutin yang selalu diadakan setiap tahun. 15 Januari 2018 – 30 Januari 2018 DEMA FIDIKOM mengadakan baksos di Dusun Sukahurip, Desa Neglasari, Kecamatan Panca Tengah. Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kegiatan Sosial ini merupakan salah satu cara mahasiswa FIDIKOM mengaplikasikan keilmuan yang sudah dipelajari di perkuliahan dan merupakan bentuk pengabdian diri kepada masyarakat yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Baksos ini juga bertujuan untuk menimbulkan rasa saling tolong menolong kepada sesama agar nantinya dapat bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, selain itu juga memperkenalkan UIN Syarif Hidyatullah Jakarta lebih jauh kepada seluruh lapisan masyarakat.

Pembukaan acara ini diadakan di pusat Desa Neglasari yaitu Gedung Madrasah Diniyah Dusun Sukahurip, Desa Neglasari yang dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat seperti kepala dusun, kepala desa, para RT, masyarakat desa, serta seluruh anggota DEMA FIDIKOM. Sambutan diberikan oleh Bapak Ecep selaku Kepala Dusun Sukahurip dan dibuka dengan simbolis memakaikan Almamter UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kepada perwakilan Desa Neglasari.

Baksos yang berlangsung selama 2 minggu ini memiliki beberapa kegiatan yaitu :

  1. Pengajaran SD
  2. Pengajian Rutin dna Pembagian Waqaf Al-Qur’an
  3. Penyuluhan Cerdas Media
  4. Donasi Pakaian Layak Pakai
  5. Perlombaan Edukaif dan Inovatif
  6. Penanaman Pohon
  7. Penyuluhan Kesehatan dan Sosialisasi Bahaya Difteri

 

Kegiatan ini diakhiri dengan Penyerahan cinderemata kepada pihak sekolah, madrasah diniyah, serta Dewan Kemakmuran Masjid Al-Hidayah dari DEMA FIDIKOM sebagai moment perpisahan antara mahasiswa dengan warga Dusun Sukahurip, Desa Neglasari. (SRK)