Jurnalistik

School of Journalism

(Konsentrasi Ilmu Jurnalistik)

 

VISI:

Konsentrasi Jurnalistik menjadi Kampus (Sekolah) Jurnalistik Berkelas Dunia dengan Keunggulan Integrasi Keilmuan, Keislaman, dan Ke-Indonesiaan.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang ilmu jurnalistik untuk jenjang sarjana strata satu (S1) dengan kemampuan akademik dan profesionalitas sebagai jurnalis muslim, yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan dan kemodernan.
  2.   Menyelenggarakan kegiatan riset di bidang ilmu jurnalistik baik yang bersifat akademik dan terapan untuk berkontribusi dalam pemecahan masalah-masalah sosial, kebudayaan dan keagamaan di tingkat nasional dan internasional.
  3.   Memberikan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengetahuan, pengembangan wawasan dan penguatan masyarakat di bidang pemenuhan hak informasi publik.

 

PROFIL DAN KEAHLIAN LULUSAN JURNALISTIK

Sekolah Jurnalistik UIN Jakarta mencetak lulusannya menjadi Jurnalis Berita, Pekerja Media, Akademisi/ Tenaga Pengajar Jurnalistik/Konsultan di bidang Media. Keahlian lulusan yang diberikan diantaranya adalah Jurnalistik Photo, Radio, Televisi, dan Online.

 

MATA KULIAH JURNALISTIK

Sekolah Jurnalistik UIN Jakarta memberikan materi khusus ilmu jurnalistik ± 80 SKS (60%) diantaranya Bahasa Jurnalistik, Jurnalistik Online, Jurnalistik Photo, Jurnalistik Radio, Jurnalistik Televisi, Dasar-Dasar Siaran Televisi, Sejarah Pers Nasional, Teori Komunikasi Massa, Sistem Hukum Pers, Bahasa Indonesia, Studi Islam 1-2, Praktikum Ibadah Dan Qira’ah, Kode Etik Jurnalistik dan Penyiaran, Teknik Penulisan Feature dan Editorial dan lainnya.

Kunjungi Video Profil Kami di Sini