”Dakwah dan Kewirausahaan Sosial di Era Digital”

 

Teater Room, FIDIKOM Online—Kamis, 27 September 2018, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Program Studi Manajemen Dakwah mengadakan Kuliah Umum. Kegiatan ini dibuka dan dihadiri oleh Wakil Dekan II Bidang Administrasi yaitu Ibu Dr. Roudhonah,M.A serta Ketua Program Studi Manajemen Dakwah Drs. Cecep Castrawijaya, MA.

Kegiatan ini mendatangkan CEO Garuda Group dan Kaprodi S3 PTIQ Jakarta sebagai narasumber atau pemateri. H. Muhammad Hasan Gaido memberikan materi terkait Dakwah dan Kewirausahaan Sosial di Era digital, ia memaparkan bahwa dalam berdakwah haruslah berkelanjutan atau sustainable. landasan yang dipakai adalah QS. Al-Hujurat ayat 13. Skill atau kemampuan berkomunikasi adalah hal yang sangat penting dalam berdakwah maupun berwirausaha. Ia juga menambahkan bahwa media sosial merupakan media yang efektif digunakan dalam bisnis di era sekarang ini. CEO dari Garuda Group ini juga menyarankan bahwa dalam penjualan haruslah  continue, dan selalu menggunakan produk dengan kualitas unggulan, dalam kewirausahaan syariah usahakan mendapatkan waralaba secukupnya.

Selanjutnya, pemateri kedua yaitu Dr. Hj. Nur Arfiyah Febriani memaparkan materi terkait Pemberdayaan Masyarakat melalui dakwah dalam Al Quran. Sama seperti pemateri sebelumnya, Kaprodi S3 PTIQ Jakarta ini mengatakan dakwah haruslah continue dan kreatif, al – ulama juga harus al- amilin tidak hanya berilmu namun juga harus tanggap dan ada aksinya serta tidak hanya uswah hasanah tetapi juga Qudwah hasanah.

Kegiatan yang dilakukan di ruang teater lantai II Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi ini berjalan dengan interaktif, terlihat dari banyak dan antusiasnya para mahasiswa-mahasiswi yang bertanya mengenai materi yang telah dipaparkan. (SRK)