Manajemen Dakwah

DESKRIPSI

PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH

  • Definisi Prodi Manajemen Dakwah

Manajemen Dakwah (MD) menjadi salah satu bagian jurusan Fakultas Ilmu Dakwah dan  Ilmu Komunikasi. Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki tanggung jawab dalam menjunjung tinggi pendidikan dan tidak terbatas pada definisi lulusan semata. Selain menghasilkan lulusan atau sarjana yang mampu terserap oleh dunia kerja, sarjana atau lulusan Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta harus memiliki integritas dalam hal kemanusiaan,  ke-Islaman, dan ke-Indonesiaan, serta ungggul dalam kompetensi di bidang manajemen dakwah yang mampu berkarya dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas (rahmatan lil-‘alamin), serta mampu bersaing pada tingkat Internasional pada tahun 2045.

Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam menunjang tujuan nya yakni “Program Studi Manajemen Dakwah menjadi Program Studi yang Berwawasan Kemanusiaan, Ke-Islaman, Ke-Indonesiaan dan unggul dalam kajian Manajemen Dakwah di tingkat Internasional pada 2045” memiliki beberapa konsentrasi program studi, diantaranya Manajemen Haji dan Umrah (MHU), Manajemen Lembaga Keuangan Isalam (MLKI), serta Manajemen Zakat, Infaq, Shadaqah dan Waqaf (MZISWAF).

Dalam pengaplikasiannya, Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki program-program penunjang dalam mewujudkan prodi yang unggul dalam kajian Manajemen Dakwah di tingkat Internasional pada 2045 yakni mewujudkan sarjana muslim yang memiliki keunggulan sebagai pengelola dalam bidang Manajemen Dakwah, Administrasi, Kepemimpinan dan organisasi yang mampu berkompetitif dengan lingkungan global, menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengembangkan Keilmuan Dakwah, Kepemimpinan Dakwah, Kegiatan Dakwah dan Kelembagaan Dakwah, menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait seperti, lembaga pengelola zakat, lembaga pengelola keuangan Islam, lembaga pengelola travel haji dan umroh, Menyelenggarakan Pengabdian kepada masyarakat seperti Bakti Sosial dan Safari Dakwah Nasional-Internasional, serta menyelenggarakan kegiatan ilmiah: seminar Nasional-Internasional, serta konferensi Internasional.

  • Identitas Program Studi

Nama Institusi                 : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Fakultas                           : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Program Studi                 : Manajemen Dakwah

  • Institusi Pengajaran : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Akreditasi : BAN-PT
  • Gelar Akademik                               : S.Sos.I
  • Nama Prodi                                      : Manajemen Dakwah
  • Kode Program Studi (PDPT)          : 70230
  • Bahasa Pengantar                            : Bahasa Indonesia
  • Program Studi lain yang relevan  : manajemen
  • Masa Studi                                        : Maksimal 7 tahun
  • Tanggal Program Spesifikasi           : 1 September 2020
  • Prasyarat masuk (entry requirement):
    • Lulusan MA/SMA/SMK
    • Memiliki nilai TOEFL dengan skor minimal 450 danTOAFL dengan skor minimal 375
  • Visi, Misi Dan Tujuan Program Studi

Visi

“Program Studi Manajemen Dakwah menjadi Program Studi yang Berwawasan Kemanusiaan, Ke-Islaman, Ke-Indonesiaan dan unggul dalam kajian Manajemen Dakwah di tingkat Internasional pada 2045”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Strata 1 dalam rangka mewujudkan sarjana muslim yang memiliki keunggulan sebagai pengelola dalam bidang Manajemen Dakwah, Administrasi, Kepemimpinan dan organisasi yang mampu berkompetitif dengan lingkungan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengembangkan Keilmuan Dakwah, Kepemimpinan Dakwah, Kegiatan Dakwah dan Kelembagaan Dakwah.
  3. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait seperti, lembaga pengelola zakat, lembaga pengelola keuangan Islam, lembaga pengelola travel haji dan umroh.
  4. Menyelenggarakan Pengabdian kepada masyarakat seperti Bakti Sosial dan Safari Dakwah.
  5. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah : seminar Nasional dan workshop.

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana ilmu Manajemen Dakwah yang professional dan berdedikasi tinggi serta berdaya saing.
  2. Menghasilkan produk riset ilmu Manajemen Dakwah kontemporer dan aplikatif.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan dakwah Islam untuk membantu penyelesaian masalah-masalah kemanusiaan dan keagamaan dengan pendekatan Manajemen Dakwah.
  4. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkannya pada kegiatan-kegiatan keagamaan.
  • Profil Lulusan (Kompetensi Utama Program Studi)

Profil lulusan Program Studi Manajemen adalah seorang yang religius, professional dan humanis.

  • Religius

Memiliki sikap yang baik (good attitude) yang bisa mengimplementasikan perintah agama secara benar dan ekslusif (moderat).

  • Profesional

Memiliki kemampuan dan kompetensi yang mumpuni di bidangnya, yaitu bidang manajemen haji dan umrah, manajemen Lembaga keuangan Syariah dan manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf.

  • Humanis

Bisa bekerja secara individu maupun kelompok, bisa bermasyarakat dan beradaptasi dengan lingkungan yang beragam secara baik.

  • Capaian Pembelajaran Program Studi (Program Outcome)
    • Pengetahuan:  Pengetahuan tentang konsep-konsep teoritis tentang manajemen secara umum dan juga konsep-konsep khusus dalam cabang ilmu Manajemen Dakwah.
    • Ketrampilan: Kemampuan menerapkan keahlian di bidang manajemen dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang dakwah
    • Penerapan: Kemampuan untuk mengintegrasikan ilmu manajemen dan ilmu dakwah
    • Analisis: Kemampuan menulis, presentasi, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mengambil berbagai macam alternatif solusi secara mandiri dan kelompok menggunaan informasi teknologi untuk menopang yang bersangkutan belajar seumur hidup;
    • Pengabdian pada Masyarakat: Kemampuan mengelola riset dan pengembangan di bidang manajemen yang bermanfaat bagi dakwah Islam dan mendapatkan pengakuan nasional dan internasional
  • Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Program Learning Outcome)
  • Distribusi Dan Matrik Mata Kuliah
  • Dosen/Tenaga Pengajar
NoNama DosenNIDN/NIDK /NUPPendidikanKeahlian
1Prof. Dr. Murodi, M.Ag2005076401S1 IAIN Jakarta S2 IAIN Jakarta S3 UIN JakartaSejarah Peradaban Islam
2Dr. Wahyu Prasetyawan, MA2017106601S1 IAIN Jakarta S2 University of Leeds S3 Kyoto UniversityIlmu Ekonomi Pembangunan
3Mulkanasir, BA., S.Pd., MM2001015501S1 UHAMKA S2 UMJIlmu Manajemen Sumber daya
4Drs. Nurul Jamali, M.Si2028085601S1 UMJ S2 UMJIlmu Manajemen Dakwah
5Drs. Hasanuddin, MA2005066602S1 IAIN Jakarta S2 IAIN Jakarta S3Ekonomi Islam
6Dra. Jundah, MA2003036201S1 IAIN Jakarta S2 UIN JakartaManajemen Dakwah
7Dra. Hj. Mastanah, M.Si2017086201S1 IAIN Jakarta S2 Univ. Krisnadwipayana S3 PTIQ Jakarta (dalam proses)Manajemen Dakwah
8Drs. Study Rizal LK, M.Ag2028046401S1 IAIN Jakarta S2 IAIN Jakarta S3 UIN Jakarta (dalam proses)Pemikiran Islam
9Drs. Cecep Castrawijaya, MA2018086701S1 IAIN Jakarta S2 UIN Jakarta S3 PTIQ Jakarta (dalam proses)Manajemen Dakwah
10Lili Bariadi, S.Ag., M.Si2019057501S1 IAIN Jakarta S2 UMJKewirausahaan dan Manajemen Koperasi
11Muhamad Zen, S.Ag2112017801S1 UIN Jakarta S2 UIN Jakarta S3 UIN Jakarta (dalam proses)Ekonomi Islam
12Amirudin, M.Si0008068203S1 UIN Jakarta S2 IPB S3 UNJ (dalam proses)Statistika
13Dr. Muhammad Sungaidi, MA2003086001S1 IAIN Yogyakarta S2 UMJ S3 UIN JakartaSejarah Islam
14Muammar Aditya, M.Ak2009108101S1 UIN Jakarta S2 UIAkuntansi
15Drs. Sugiharto, MA2006086801S1 IAIN Jakarta S2 UMJ S3 PTIQ Jakarta (dalam proses)Kepemimpinan Dakwah
16Khoeron Sirin, MA2017107501S1 IAIN Jakarta S2 UIN Jakarta S3 UIN Jakarta (dalam proses)Hukum Islam
17Ahmadih, Dr.LC, LL.M0326058102S1 Al Azhar Kairo Mesir S2 Omdurman Islamic University – Sudan S3 Omdurman Islamic University – SudanEconomic Bisnis Perspektif Qur’an dan Sunnah
18Rochimah Imawati, M.Psi0303126602S1 IAIN Jakarta S2 UIPsikologi
19Drs. AH. Kartono, M.Si8834040018S1 UM Jakarta S2 STAI JakartaFiqih Haji Kontemporer
20Dr. Hamidullah Mahmud, MA197612052006041002S1 Al-Azhar University S2 UIN Jakarta S3 UIN JakartaTafsir Hadits
21Ahmad Munawaruzzaman, M.Si S1 UIN Jakarta S2 Universitas IndonesiaSejarah Islam
Deskripsi-Prodi-MD

Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang manajemen dakwah.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Sejarah Dakwah, Metodologi Pengembangan Dakwah, Manajemen Dakwah, Manajemen Organisasi Islam, Manajemen Pelatihan Dakwah, Organisiasi Islam Internasional, Manajemen Haji, Umrah dan Ziarah, Manajemen Kemasjidan, Manajemen Bank Islam, Manajemen Organisasi Nirlaba, Manajemen Pers Dakwah, Manajemen Penyiaran/Tabligh, Manajemen Pengem-bangan Masyarakat Islam, Perbandingan Sistem Dakwah, Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Dakwah, Sistem Informasi Dakwah, Pengantar Manajemen Umum, Praktek Manajemen Dakwah, Pengantar Psikologi, Lembaga Keuangan Islam, Pengantar Ilmu Komunikasi, dan Perilaku Orang Islam

Kunjungi Website Kami di sini