Pelepasan Wisudawan/Wisudawati FIDIKOM ke-112

FIDIKOM Online—Fakultas Ilmu Dakwah dan ilmu Komunikasi (FIDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan pelepasan wisudawan/wisudawati FIDIKOM ke-112 (26/06/19). Acara yang dihadiri 83 wisudawan/wisudawati dari seluruh Program Studi (Prodi) di lingkungan FIDIKOM, Pimpinan Fakultas, Dosen-Dosen, dan sivitas akademika FIDIKOM lainnya berlangsung hikmat dan meriah.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Komnikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang dalam kesempatan ini juga sekaligus sebagai ketua panitia pelasana pelepasan wisudawan/wisudawati ke-112 Dr. Armawati Arbi, M.Si. berpesan agar para alumni dapat menjaga nama baik almamater UIN Jakarta dan FIDIKOM.

Dekan FIDIKOM, Suparto, M.Ed. Ph.D dalam sambutan sekaligus membuka acara pelepasan menyampaikan agar para alumni mampu memiliki kreaktivitas-inovatif dan sustanabilitas sebagai pengejawantahan dan kontekstualisasi dari hadits Nabi “siapa yang menginginkan dilapangkan rezekinya (rizq) dan dipanjangkan umurnya (atsar), maka hendaklah menjalin silaturahmi.”.

Selain itu, Suparto juga menghendaki agar alumni memiliki kemandirian sebagai bekal penting dalam aktualisasi diri guna menghadapi realitas kehidupan di kancah persaingan global. Mengutip Stephen Covey dalam The 7 Habits of Highly Effective Teens Dekan menekankan pentingnya aspek kemandirian/dependen yang di antaranya dengan bersikap proaktif (berfikir positif terhadap keadaan di sekeliling kita).

Pada akhir sambutannya Dekan mengingatkan agar para Alumni tidak menjadi orang yang seperti ungkapan “kacang yang lupa kulitnya,” yaitu melupakan jasa Guru, Dosen dan Orang Tua. “Jasa mereka terlalu besar, tidak bisa dibalas, kedua orang tua telah memeras keringat siang dan malam, berdoa sepanjang waktu demi keberhasilan anak-anaknya.” Ujar Suparto.

Pada kesempatan ini juga diumumkan lulusan terbaik Wisudawan/Wisudawati di lingkungan FIDIKOM. Terbaik di tingkat Fakultas adalah Syifa Akmalia Kholilurohmah dari Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) dengan IPK/Yudisium: 3.79/Cumlaude. Disusul Terbaik tingkat Prodi S1 dan Prodi Magister KPI S2. Dibacakan pula Wisudawan- Wisudawati berprestasi di lingkungan FIDIKOM, di antaranya adalah hafidz 30 Juz.

Puncak acara adalah sesi inspirasi dan motivasi yang disampaikan oleh Fauzan Hidayatullah, S.Kom.I. yang bertema “Peran New Media dalam Peningkatan Potensi Diri.” Prestasi Fauzan yang akrab disapa bang Ozan adalah masuk lima besar dalam acara Aksi di stasiun televisi Indosiar Ramadhan lalu. Berbagai prestasi dan materi yang disampaikannya diharapkan semakin memotivasi para Wisudawan/Wisudawati dalam meraih cita-cita setelah mendapatkan gelar sarjana.