Pentas Seni Lenong Meriahkan Pelepasan Alumni ke-114 Fidikom

Lenong Fidikom

Lenong Fidikom

Rabu, 27 November 2019 Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar pelepasan Alumni ke-114 dengan tema “Peran Sociopreneur untuk Perubahan Sosial di Era Revolusi Industri 4.0”. Yang bertempat di Teater Prof. Dr. Aqib Suminto lantai 2 Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Acara dihadiri oleh segenap civitas akademika Fidikom UIN Syarif Hidayatullah Jakarta beserta wisudawan dan wisudawati yang berjumlah 119. Dengan rincian dari Jurusan KPI berjumlah 45, BPI berjumlah 13, MD berjumlah 25, PMI berjumlah tiga, Kessos berjumlah 20, Jurnalistik berjumlah 10, dan Magister KPI berjumlah tiga mahasiswa.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fidikom (Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Siti Napsiyah memberikan amanat kepada calon wisudawan dan wisudawati, bahwa: ” Lulusan Fidikom harus bisa menyesuaikan dan menempatkan diri di masyarakat. Bersikap fleksibel tergantung dengan keadaan dan kondisi di masyarakat. ”

Wisudawan dan wisudawati terbaik Fakultas Ilmu Dakwah Ilmu Komunikasi diraih oleh saudari Nikhlatun Naqiyah dari jurusan Manajemen Dakwah, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,93.

Pada pelepasan Alumni ke-114 kali ini, terdapat penampilan yang unik dan berbeda dari sebelum-sebelumnya, yakni pentas Seni Lenong dari Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Dari laman jakarta-tourism disebutkan bahwa Lenong merupakan salah satu bentuk teater peran di betawi yang mulai berkembang di akhir abad ke–19.

Pentas Seni Lenong yang diperankan oleh gabungan Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam terebut mendapatkan kesan dan apresiasi baik dari segenap civitas akademika Fidikom yang hadir pada acara pelepasan tersebut.

Muhtadi, selaku Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam sangat bangga dengan hasil penampilan lenong yang telah disuguhkan pada acara kali ini.

“Meskipun persiapan dari pentas Seni Lenong ini hanya satu hari, tetapi mereka mampu menyuguhkannya dengan luar biasa dan sangat menghibur seluruh hadirin yang hadir.” jelasnya.

Ia berharap, mahasiswa dan mahasiswinya bisa konsisten dalam melestarikan kebudayan daerah dan nantinya penampilan pentas Seni Lenong ini dapat terus dikembangkan dan bisa tampil di setiap acara-acara di Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) UIN Jakarta. (mht/mar)