Prodi Jurnalistik FIDIKOM UIN Jakarta Inisiasi Pembentukan Konsorsium Prodi Jurnalistik Se-Indonesia

Senin 29 April 2019, Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkunjung ke Prodi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (FIKOM UNPAD) Bandung. Kunjungan ini diselenggarakan dalam rangka bench-marking kurikulum dan manajemen perkuliahan, yakni memastikan kelayakan kurikulum pada prodi sejenis guna mendapatkan pembanding, yang diharapkan bisa saling melengkapi dan atau meluaskan wawasan dalam hal pengelolaan dan pengembangan prodi Jurnalistik.

Acara yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) ini dihadiri oleh Dr. Nuryah Asri Sjafirah, S.Sos., M.Si. (Ketua Program Studi Jurnalistik FIKOM UNPAD), Dr. Drs. Aceng Abdullah, M.Si. (Ketua Program Studi Sarjana Televisi dan Film FIKOM UNPAD), Ipit Zulfan, S.Sos., M.I.Kom (Kepala Laboratorium Fotografi FIKOM UNPAD), Maimon Herawati, S.Sos., M.Litt (Kepala Laboratorium Newsroom FIKOM UNPAD), Tatang Budiman, S.IP., M.M (Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat UNPAD). Sementara dari Prodi Jurnalistik FIDIKOM UIN Jakarta diwakili oleh Kholis Ridho, M.Si (Ketua Program Studi Jurnalistik) dan Hj.Musfirah Nurlaily, MA (Sekretaris Program Studi Jurnalistik).

Beberapa poin penting hasil FGD tersebut antara lain membahas tantangan penyelarasan struktur keilmuan berbasis program studi, model perkuliahan yang kreatif dan sesuai kebutuhan pasar, target perkuliahan berbasis produk jurnalistik, inisiasi kerjasama dengan dosen asing, kelengkapan fasilitas laboratorium, riset dosen dan mahasiswa serta dukungan alumni. Tantangan pendidikan profesi jurnalis di era konvergensi media memang harus direspon secara cepat oleh kampus agar produk lulusannya tidak ketinggalan pasar, tandas Nuriyah.

Menurut Kholis Ridho, pada kesempatan ini pula dibuka peluang untuk membentuk konsorsium prodi jurnalistik se-indonesia, yang jumlahnya tidak banyak jika dibandingkan dengan prodi ilmu komunikasi, konsorsium tersebut diharapkan dapat menjawab tantangan dan problematika yang dihadapi oleh prodi Jurnalistik di Indonesia dalam mencetak sarjana jurnalistik yang profesional dan berdaya saing tinggi.

selain itu, Kholis Ridho juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga melengkapi kesiapan Prodi Jurnalistik FIDIKOM UIN Jakarta dalam rangka proses pengajuan akreditasi perdana ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang insya Allah akan diajukan pada tahun ini.