Prodi Manajemen Dakwah Selenggarakan Praktikum Kuliah di Asrama Haji Embarkasi Jakarta

FIDIKOM Online—Prodi Manajemen Dakwah konsentrasi Haji dan Umrah Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) UIN Syarif hidayatullah Jakarta tahun ini kembali menyelenggarakan Praktikum Kuliah di Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Pondok Gede. Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan Praktikum yang dilaksanakan di ruang Serba Guna 2 Asrama Haji Pondok Gede (Jumat, 5/7/2019).

Acara pembukaan Praktikum ini dihadiri oleh Kaprodi Manajemen Dakwah Drs. Sugiharto, MA, Sekprodi Manajemen Dakwah Amirudin, M.Si, beserta beberapa dosen pembimbing Praktikum Dra. Nashihah, MA, Umi Musyarofah, MA, dan Nurul Hidayati, M.Pd., sedangkan dari pihak Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta diwakili oleh Kasie Pendaftaran dan Dokumen Haji, Drs. H. Fudloli.

Dalam sambutannya, Sugiharto menyampaikan bahwa kegiatan Praktikum ini merupakan salah satu mata kuliah yang bersifat praktek lapangan, dengan harapan mahasiswa dapat belajar langsung dilapangan setelah sebelumnya mendapat teori-teori terkait pengelolaan haji.

Menurut Fudloli, mahasiswa yang akan praktik di lingkungan kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta diharapkan mampu mengimplementasikan teori yang sudah dipelajari di dalam kelas. “Selain belajar mengenai bidang administrasi perhajian, mahasiswa juga jangan sungkan untuk membantu para jamaah yang sudah lansia, anggap saja mereka para jamaah adalah orang tua kita sendiri, karena hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk profesionalisme petugas.” lanjut Fudloli.

Kegiatan Praktikum Kuliah yang juga merupakan tindak lanjut dari MoU antara Prodi Manajemen Dakwah dengan Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta tahun ini diikuti oleh 58 mahasiswa yang terbagi dalam tiga kelompok dan akan berlangsung selama kurun waktu satu bulan.