Studi Banding IAIN Kudus ke FIDIKOM

Teater Room, FIDIKOM Online—Kamis, 26 September 2019, Fidikom UIN Jakarta dikunjungi oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Manajemen Dakwah (MD). Kegiatan ini beragendakan kunjungan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Studi Banding dengan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kunjungan dan studi banding ini dilaksanakan di Teater 2 Aqib Suminto Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Kunjungan PKL dan Studi Banding ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus, Dr. Saliyo, M.Si. Kepala Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus, Reza Zahriyal Falah, M.Pd.I., dan disambut hangat oleh Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta Suparto, M.Ed., Ph.D., Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Siti Napsiyah, MSW., Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Dr. Sihabudin Noor, MA., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Drs. Cecep Castrawijaya, MA., dan jajaran Dosen beserta Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam serta Manajemen Dakwah IAIN Kudus.

Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an QS. Al-Mujadilah 11:12, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Dakwah dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta. Dalam sambutannya Suparto mengucapkan terima kasih atas kerjasama antar PTKIN serta menyebutkan program studi yang ada di FIDIKOM dan menginformasikan bahwa jumlah mahasiswa baru FIDIKOM UIN Jakarta pada tahun 2019 mencapai 996 mahasiswa.

Wakil Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus menuturkan tujuan diadakannya Kunjungan PKL dan Studi Banding ini untuk menambah informasi dan menimba ilmu pengetahuan dalam membangun Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam khususnya program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Manajemen Dakwah baik dalam hal meningkatkan akreditasi dan fasilitas agar lebih baik lagi. Dalam sambutannya, Saliyo menyebutkan 5 program studi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam diantaranya Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Bimbingan Konseling Islam, Pengembangan Masyarakat Islam dan Pemikiran Politik Islam. Saliyo juga menceritakan pengalamannya semasa menjadi mahasiswa bersama dengan Dekan Fidikom di IAIN Purwokerto. Suasana berjalan dengan hangat dan khidmat.

Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) oleh Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta bersama Wakil Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Kudus. Dan dilanjutkan dengan pengenalan prodi KPI oleh Dr. H. Edi Amin, MA., selaku Sekretaris Program Studi KPI dan pemaparan program studi MD oleh Drs. Sugiharto, MA., selaku Kepala Program Studi MD Menjadi penutup kegiatan ini dan diharapkan dengan adanya kunjungan ini dapat memperkuat silaturahmi dan dapat meningkatkan kerjasama antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia.